Selasa, 17 April 2018

Fungsi Hormon Androgen Pada Pria Dan Wanita

Biasa disebut dengan Androgen atau umumnya hormon steroid yang merangsang atau mengontrol aktivitas organ seks pria dan pertumbuhan karakteristik seks sekunder laki-laki.

Ulasan
Sebenarnya Androgen yang paling aktif dan dominan adalah testosteron. Pada pria, testosteron diproduksi oleh testis. Kemudian ada juga hormon-hormon androgen lain yang mendukung fungsi testosteron. Hanya saja jumlahnya jauh lebih sedikit dibandingkan testosteron.


Meski demikian, hormon androgen sebenarnya juga diproduksi dalam tubuh wanita, meski tidak sebanyak laki-laki, androgen tetap memiliki fungsi penting bagi organ reproduksi wanita.

Testosteron
Adalah hormon yang terdapat pada manusia. Testis yang memproduksi testosteron pada pria sementara Ovarium juga memproduksi testosteron pada perempuan, meskipun dalam jumlah jauh lebih kecil

Hormon Androgen pada Tubuh Pria
Pria yang sudah memasuki masa pubertas, akan mengalami perubahan fisik. Misalnya, tumbuh kumis dan janggut, rambut dada bagian atas, kaki dan paha, serta kemaluan.
Semua ini adalah berkat adanya androgen. Hormon androgen pula yang mengatur organ reproduksi pria. Hormon ini membuat pria menjadi tertarik pada pasangan, berminat pada perilaku seksual, dan organ reproduksinya memproduksi sperma. Ketika anak laki-laki sudah memasuki masa remaja, androgen juga berperan pada pita suaranya. Tidak hanya itu, androgen juga berperan dalam pertumbuhan tulang, perkembangan ketebalan otot serta perkembangan organ, pembentukan pigmen pada kulit, kerja kelenjar minyak, sampai regenerasi sel darah merah.

Kekurangan Androgen Bila kekurangan androgen, terutama testosteron, pria bisa mengalami disfungsi ereksi, penurunan libido, hingga sulit berkonsentrasi dan depresi. Kondisi ketika pria kekurangan androgen disebut hipogonadisme. Kondisi ini bisa diatasi jika penyebabnya sudah diketahui dengan jelas.

Hormon Androgen Pada Wanita
Pada wanita, testosteron diproduksi di ovarium, bersama-sama dengan estrogen yang merupakan salah satu hormon wanita. Kelenjar adrenal juga memproduksi hormon ini. Jumlah testosteron yang diproduksi oleh tubuh wanita tidak sebanyak pada tubuh pria.
Namun, fungsinya tidak kalah penting, yaitu berperan sebagai perawatan, pertumbuhan, dan perbaikan jaringan pada organ reproduksi wanita, bahkan memengaruhi kesuburan wanita.
Sama seperti pada tubuh pria, hormon androgen terutama testosteron di sini juga turut membentuk massa tulang dan jaringan tubuh.

Dampak Kekurangan Androgen
Apabila tubuh wanita kekurangan androgen, dapat menyebabkan menstruasi tidak teratur atau bahkan tidak terjadi menstruasi sama sekali.
Gangguan lainnya yaitu polisistik ovarium sindrom (PCOS), di mana wanita menjadi sulit hamil meski masih dalam usia subur.

Dan apabila terjadi ditubuh pria, jelas menjadi masalah. "Dampaknya adalah tidak tumbuh rambut pada bagian-bagian tertentu, seperti kemaluan. Selain itu gairah seks pun tak ada," jawab Dr. dr. Budi Wiweko, SpOG (K) dalam diskusi media Your Body, Your Life, Your Choice

Fungsi hormon androgen sangat penting, baik untuk pria maupun wanita. Kadar hormon androgen yang terlalu tinggi atau rendah dapat menyebabkan gangguan. Berikut fungsinya :
  • Perkembangan testes 
  • Pembentukkan sperma 
  • Prekursor estrogen dan progesteron 
  • Merangsang pertumbuhan rambut pada laki – laki maupun wanita 
  • Perkembangan massa otot 
  • Munculnya ciri seks sekunder pria 
  • Mengatur libido seks pada laki – laki maupun wanita 
Jika Anda merasa ada masalah terkait hormon, segeralah memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Semoga bermanfaat..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar